Harga Bangun Rumah

CV. PRIMA UTAMA melayani Jasa Bangun Rumah, Ruko, Perumahan, Rumah Sakit, Klinik, Kantor, Gedung dsb (Bangun baru maupun Renovasi) untuk area sekitar Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta beberapa kota seperti Semarang, Solo, Jogja, Kendal, Ungaran, Demak, Temanggung, Magelang, Kudus, Pati, Jepara, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Bantul, Sleman, Gunung Kidul dsb.

Jasa Pembangunan sudah termasuk dokumen Perencanaan seperti gambar 3D, Gambar Kerja, RAB dan Perhitungan Struktur khusus untuk Rumah Lantai 2 atau lebih. Untuk Harga Jasa Bangun Rumah terbagi menjadi beberapa Paket yang sangat Fleksibel dan disesuaikan dengan Budget anda.

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia jadi semua umat manusia terutama yang sudah berkeluarga pasti berusaha untuk mempunyai rumah mereka sendiri baik itu melalui pembelian rumah baru atau membeli sebuah lahan kosong dan membangun sebuah rumah didalamnya.

Bagi mereka yang membeli rumah baru tentu saja merupakan hal yang mudah untuk mempunyai sebuah rumah. Tinggal membeli type rumah yang sesuai dengan kemampuan uang mereka dan selesai. Tetapi bagi yang ingin membangun sebuah rumah baru pasti akan muncul sebuah pertanyaan yang mendasar. Uang saya cukup tidak untuk membangun sebuah rumah?

Oleh karena itu ada beberapa panduan dari Prima Utama Design dalam membangun sebuah rumah,

  1. Pastikan anda sudah mempunyai sebuah gambar Desain Rumah yang fix seperti gambar 3D, gambar kerja (pelaksanaan) pembangunan rumah, perhitungan struktur (khusus untuk 2 lantai atau lebih) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah yaitu sebuah estimasi biaya dalam membangun sebuah rumah sampai siap ditempati. Dengan adanya sebuah gambar perencanaan (desain) sebuah rumah maka anda dapat terhindar dari biaya2 yang tidak perlu dikeluarkan (seperti biaya bongkar pasang) dalam membangun sebuah rumah hanya gara-gara kita masih bingung dengan desain rumah yang kita inginkan.
  2. Pastikan anda sudah menyelesaikan persyaratan administrasi untuk membangun sebuah rumah seperti ijin KRK (Keterangan Rencana Kota) dan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) dari Pemerintah Daerah setempat
  3. Pastikan dana anda cukup dalam membangun sebuah rumah, karena bila berhenti ditengah jalan akan memakan biaya yang lebih besar kalau kita melanjutkannya di lain waktu hari nanti. Beberapa material pembangunan terutama yang terbuat dari kayu seperti kusen, daun pintu dan jendela bahkan besi untuk kolom dan balok bangunan akan  rusak bila dibiarkan terbengkalai dalam waktu yang relatif lama.
  4. Bagi anda yang ingin menyerahkan pelaksanaan pembangunan kepada pihak lain pastikan anda untuk menunjuk pihak perencana yang sekaligus sebagai pelaksana pembanguan. Karena pihak Pelaksana yang sekaligus sekaligus Perencana akan memastikan hasil Bangunan sesuai dengan desain (perencanaan) awal.

Untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah  bisa dihitung borongan material dan tenaga per m2 maupun dari perhitungan RAB (Rencana anggaran Biaya). Besarnya biaya membnagun rumah ini sangat bervariasi tergantung pada spesifikasi material yang digunakan (sederhana, menegah atau mewah) dan juga kemudahan akses jalan ldalam menyediakan material (akses lokasi pembangunan rumah). Akses jalan yang besar otomatis kita bisa menyediakan material dalam skala besar seperti pasir, tanah urug, besi pembetonan dalam skala besar dll akan lebih menghemat biaya pembangunan rumah. Faktor lain yang mempengaruhi besarnya biaya pembangunan sebuah rumah adalah kemudahan untuk mendapatkan air dan listrik karena kedua hal diatas khusunya air merupakan sumber daya alam utama dalam membangun sebuah rumah dalam hal pencampuran material semen dan pasir.

Proses Penyedian Material Pasir dan Tanah Urug Pembangunan RumahContoh Akses Lokasi Pembangunan Rumah yang baik

Bila dihitung berdasarlan luasan bangunan rumah biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah (material dan tenaga) berkisar antara Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000 per m2 bangunan. Pemilihan jenis material dan banyaknya lantai juga memperngaruhi harga pembangunan ini karena untuk membangun lantai 2 akan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan lantai 1 karena penyediaan material di lantai 2 tentunya lebih susah jika dibandingkan lantai 1. Pemilihan material seperti lantai (keramik atau granit), kusen dan daun pintu jendela (aluminium atau kayu), genteng (metal, beton atau glasier), usuk dan reng atap (baja ringan atau kayu), sanitair (merk ina atau toto), ketinggian dan jenis plafon  dll tentu saja sangat mempengaruhi besarnya biaya pembangunan rumah.

Selain itu lokasi lahan yang rata maupun berkontur, banyak sedikitnya urugan, lokasi yang rapat dengan tetangga maupun tidak,  rasio luas lahan dan bangunan juga sangat mempengaruhi besarnya biaya pembangunan ini.

Tentu saja yang lebih akurat apabila kita menghitung biaya pembangunan rumah berdasarkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) karena kita bisa memasukkan angka-angka  dari variabel biaya pembangunan baik itu material maupun tukang sehingga akan kita dapatkan nilai yang lebih akurat jika dibandingkan dengan perhitungan biaya rumah dengan metode per m2 luas bangunan.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghubungi Perencana Pembangunan untuk mendapatkan desain rumah dan RAB yang sesuai dengan keinginan dan budget anda.

Bila anda tertarik untuk menghitung biaya pembangunan rumah bedasarkan nilai RAB (Rencana Anggaran Biaya) anda bisa segera Hubungi Kami.

Bagi Pelaksana Pembangunan seperti Kontraktor dan Pemborong biasanya mempunyai hitungan yang lebih real berdasarkan kondisi lapangan yang disebut dengan RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan). Oleh karena itu jika anda mempercayakan sebuah Pembangunan Rumah kepada pihak lain carilah perusahaan yang menyediakan yang menyediakan fungsi Perencana sekaligus Pelaksana seperti kami Prima Utama Design karena kami lebih mengetahui dan memastikan Bangunan jadi nantinya betul-betul sesuai dengan Gambar Perencanaan (Desain) Bangunan. Seperti contoh dibawah ini antara Gambar Perencanaan dan Hasil Jadi Bangunan meskipun baru setengah jadi tetapi mempunyai kerangka/visi yang sama.

Desain Arsitektur 3D Fasad Tampak Depan Rumah Minimalis 1 Lantai Bp. Bayu di Perumahan Graha Padma SemarangDesain Arsitektur (Perencanaan) Fix Pembangunan Rumah Minimalis

Proses Pembangunan Rumah Minimalis Bp. Bayu di Perumahan Graha Padma SemarangHasil Setengah Jadi Pembangunan Rumah Minimalis

1.PAKET SILVER (Harga per m2 Bangunan Rp 2,8 juta)

  • Atap menggunakan Baja Ringan dengan tebal 0,75 mm (C75)
  • Pondasi Batu Belah
  • Kusen Aluminium dan Daun Pintu Pabrikan
  • Plafon menggunakan besi Holow dan Gypsum finishing cat
  • Lantai menggunakan Keramik ukuran 40 x 40 cm
  • Genteng menggunakan tanah liat (mantili)
  • Plesteran menggunakan Pasir Muntilan
  • Tembok menggunakan batu-bata atau Hebel (bata ringan) finisihing plesteran dan aci
  • Sanitair (kloset dan wastafel) menggunakan merk INA
  • Cat Tembok menggunakan merk Catylac

2. PAKET GOLD (Harga per m2 Bangunan Rp 3,5 juta)

  • Atap menggunakan Baja Ringan dengan tebal 1 mm (C100)
  • Kusen Kayu Jati Kebon/UPVC dan daun pintu kayu Jati Kebon/Bengkiring
  • Finishing untuk Kusen dan daun Pintu/Jendela Melamin
  • Plafon menggunakan besi Holow dan Gypsum finishing list dan cat
  • Lantai menggunakan Granit ukuran 60 x 60
  • Genteng menggunakan tanah liat keramik
  • Plesteran menggunakan Pasir Muntilan
  • Tembok menggunakan batu-bata atau Hebel (bata ringan) Finishing Plesteran dan Aci
  • Sanitair (kloset dan wastafel) menggunakan merk Toto
  • Cat Tembok menggunakan merk Mowilex/Dulux
  • Untuk Bangunan 2 Lantai menggunakan Besi ukuran 13 ulir

3. PAKET PREMIUM (Harga per m2 Bangunan Rp 4 juta)

  • Atap menggunakan Baja Ringan dengan tebal 1 mm (C100)
  • Kusen Kayu Jati Perhutani dan daun pintu kayu Jati Perhutani
  • Finishing untuk Kusen dan daun Pintu/Jendela Melamin atau Cat Duco
  • Plafon menggunakan besi Holow dan Gypsum, finishing list dan cat
  • Lantai menggunakan Granit ukuran 80 x 80
  • Genteng menggunakan tanah liat keramik M-Class
  • Plesteran menggunakan Pasir Muntilan
  • Tembok menggunakan batu-bata atau Hebel (bata ringan) Finishing Plesteran dan Aci
  • Sanitair (kloset dan wastafel) menggunakan merk Toto
  • Cat Tembok menggunakan merk Mowilex/Dulux
  • Untuk Bangunan 2 Lantai menggunakan Besi ukuran 13 ulir
  • Untuk Bangunan 3 Lantai menggunakan Besi 16 ulir