Biaya Membangun Rumah di Semarang

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia jadi semua umat manusia terutama yang sudah berkeluarga pasti berusaha untuk mempunyai rumah mereka sendiri baik itu melalui pembelian rumah baru atau membeli sebuah lahan kosong dan membangun sebuah rumah didalamnya.

Bagi mereka yang membeli rumah baru tentu saja merupakan hal yang mudah untuk mempunyai sebuah rumah. Tinggal membeli type rumah yang sesuai dengan kemampuan uang mereka dan selesai. Tetapi bagi yang ingin membangun sebuah rumah baru pasti akan muncul sebuah pertanyaan yang mendasar. Uang saya cukup tidak untuk membangun sebuah rumah?

Oleh karena itu ada beberapa panduan dari Prima Utama Design dalam membangun sebuah rumah,

  1. Pastikan anda sudah mempunyai sebuah gambar Desain Rumah yang fix seperti gambar 3D, gambar kerja (pelaksanaan) pembangunan rumah, perhitungan struktur (khusus untuk 2 lantai atau lebih) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah yaitu sebuah estimasi biaya dalam membangun sebuah rumah sampai siap ditempati. Dengan adanya sebuah gambar perencanaan (desain) sebuah rumah maka anda dapat terhindar dari biaya2 yang tidak perlu dikeluarkan (seperti biaya bongkar pasang) dalam membangun sebuah rumah hanya gara-gara kita masih bingung dengan desain rumah yang kita inginkan.
  2. Pastikan anda sudah menyelesaikan persyaratan administrasi untuk membangun sebuah rumah seperti ijin KRK (Keterangan Rencana Kota) dan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) dari Pemerintah Daerah setempat
  3. Pastikan dana anda cukup dalam membangun sebuah rumah, karena bila berhenti ditengah jalan akan memakan biaya yang lebih besar kalau kita melanjutkannya di lain waktu/hari nanti. Beberapa material pembangunan terutama yang terbuat dari kayu seperti kusen, daun pintu dan jendela bahkan besi untuk kolom dan balok bangunan akan  rusak bila dibiarkan terbengkalai dalam waktu yang relatif lama.
  4. Bagi anda yang ingin menyerahkan pelaksanaan pembangunan rumah kepada pihak lain (pemborong bangunan/kontraktor bangunan) pastikan anda untuk menunjuk pihak perencana yang sekaligus berfungsi sebagai pelaksana pembangunan. Karena pihak Pelaksana (pemborong/kontraktor) yang sekaligus Perencana akan memastikan hasil Bangunan sesuai dengan desain (perencanaan) awal.

Untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah  bisa dihitung borongan (material dan tenaga) per m2 maupun dari perhitungan RAB (Rencana anggaran Biaya). Besarnya biaya membangun rumah ini sangat bervariasi tergantung pada spesifikasi material yang digunakan (sederhana, menegah atau mewah) dan juga kemudahan akses jalan dalam menyediakan material (akses lokasi pembangunan rumah). Akses jalan yang besar otomatis kita bisa menyediakan material dalam skala besar seperti pasir, tanah urug, besi pembetonan dalam skala besar dll akan lebih menghemat biaya pembangunan rumah. Faktor lain yang mempengaruhi besarnya biaya pembangunan sebuah rumah adalah kemudahan untuk mendapatkan air dan listrik karena kedua hal diatas khususnya air merupakan sumber daya alam utama dalam membangun sebuah rumah (pencampuran material semen dan pasir)

Proses Penyedian Material Pasir dan Tanah Urug Pembangunan RumahContoh Akses Lokasi Pembangunan Rumah yang baik

Bila dihitung berdasarlan luasan bangunan rumah biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah (material dan tenaga) berkisar antara Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000 per m2 bangunan. Pemilihan jenis material dan banyaknya lantai juga akan mempengaruhi harga pembangunan karena untuk membangun lantai 2 akan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan lantai 1 karena penyediaan material di lantai 2 tentunya lebih susah jika dibandingkan lantai 1. Pemilihan material seperti lantai (keramik atau granit), kusen dan daun pintu jendela (aluminium atau kayu), genteng (metal, beton atau glasier), usuk dan reng atap (baja ringan atau kayu), sanitair (merk ina atau toto), ketinggian dan jenis plafon  dll tentu saja sangat mempengaruhi besarnya biaya pembangunan rumah.

Selain itu lokasi lahan yang rata maupun berkontur, banyak sedikitnya urugan, lokasi yang rapat dengan tetangga maupun tidak,  rasio luas lahan dan bangunan juga sangat mempengaruhi besarnya biaya pembangunan ini.

Tentu saja yang lebih akurat apabila kita menghitung biaya pembangunan rumah berdasarkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) karena kita bisa memasukkan angka-angka  dari variabel biaya pembangunan baik itu material maupun tukang sehingga akan kita dapatkan nilai yang lebih akurat jika dibandingkan dengan perhitungan biaya rumah dengan metode per m2 luas bangunan.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghubungi Perencana Pembangunan untuk mendapatkan desain rumah dan RAB yang sesuai dengan keinginan dan budget anda.

Bila anda tertarik untuk menghitung biaya pembangunan rumah bedasarkan nilai RAB (Rencana Anggaran Biaya) anda bisa segera Hubungi Kami.

Bagi Pelaksana Pembangunan seperti Kontraktor dan Pemborong biasanya mempunyai hitungan yang lebih real berdasarkan kondisi lapangan yang disebut dengan RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan). Oleh karena itu jika anda mempercayakan sebuah Pembangunan Rumah kepada pihak lain carilah perusahaan yang menyediakan fungsi Perencanaan sekaligus Pelaksanaan seperti kami Prima Utama Design karena kami lebih mengetahui dan memastikan Bangunan jadi nantinya betul-betul sesuai dengan Gambar Perencanaan (Desain) Bangunan. Seperti contoh dibawah ini antara Gambar Perencanaan dan Hasil Jadi Bangunan meskipun baru setengah jadi tetapi mempunyai kerangka/visi yang sama.

Desain Arsitektur 3D Fasad Tampak Depan Rumah Minimalis 1 Lantai Bp. Bayu di Perumahan Graha Padma SemarangGambar Perencanaan (Desain) rumah minimalis

Proses Pembangunan Rumah Minimalis Bp. Bayu di Perumahan Graha Padma SemarangFoto Bangunan setengah jadi rumah minimalis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: