Desain Arsitektur Rumah Etnik Bp. Philipus di Semarang

Pada kesempatan kali ini tim Prima Utama Design akan sedikit membahas masalah desain arsitektur rumah salah satu klien kami yaitu rumah Bp. Philipus di Semarang. Konsep yang diambil adalah rumah dengan desain arsitektur Etnik Jawa.

Desain Arsitektur Rumah Minimalis Etnik Bp. Philipus di SemarangGambar 3D Desain Arsitektur Rumah Etnik Bp. Philipus di Semarang

Dari tampak depan (fasad) terlihat tampilan rumah dengan desain arsitektur Etnik Jawa yang sangat kental. Pintu Gebyok dengan bentuk genteng khas rumah Joglo yaitu ujung melengkung. Semua bahan kusen, daun pintu dan jendela semua menggunakan kayu jati kualitas nomor satu. Usuk dan Reng untuk teras depan juga menggunakan bahan kayu dan sengaja diekpos untuk memperkuat tampilan etnik jawa. Dinding dengan menggunakan batu bata ekpos semakin memperkuat konsep desain arsitektur rumah etnik jawa. Bahan Genteng sengaja menggunakan genteng tanah liat non-glaseur untuk menambah aksen rumah etnik joglo.

Tampak Samping Kanan Rumah Etnik Jawa Bp. Philipus di SemarangTampak Samping Kanan rumah Minimalis Etnik Bp. Phlipus di Semarang

Dari tampak samping rumah etnik ini terlihat desain arsitektur yang lebih minimalis dengan tampak belakang rumah kost 2 lantai yang terlihat lebih simple. Nuansa homy juga terlihat dengan adanya pemasangan batu alam pada pilar teras rumah.

 

Tampak Atas Bird View Rumah Etnik Jawa Modern Bp. Philipus di SemarangFasad mata burung (bird view) rumah etnik Bp. Phlipus di Semarang

Dari tampak mata burung terlihat konsep desain arsitektur yang berbeda antara bangunan rumah dibagian depan dengan rumah bagian belakang. Bisa dikatakan bangunan utama (di bagian depan) penuh dengan ornamen rumit khas etnik jawa, sedangkan bangunan di bagian belakang dalam hal ini adalah rumah kost terlihat desain arsitektur dengan tema yang lebih simple dan minimalis. Secara fungsional memang bangunan rumah etnik ini terbagi menjadi 2 yaitu rumah utama dibaginn depan dimana penghuni rumah lebih memerlukan tempat untuk beraktifitas yang lebih privat (privacy) dengan rumah kost 2 lantai dibagian belakang bangunan yang bersifat lebih terbuka (public space).

Denah Lantai 1 Rumah Etnik Jawa Modern Bp. Philipus di SemarangDenah Lantai 1 Rumah EtnikBp. Philipus di Semarang

Denah Lantai 2 Rumah Etnik Jawa Modern Bp. Philipus di SemarangDenah Lantai 2 Rumah Etnik Bp. Philipus di Semarang

Lahan yang digunakan untuk membangun rumah etnik ini berukuran 19,5 m x 30 m dengan bentuk lahan sedikit memanjang ke belakang dengan luas sekitar 600 m2. Secara fungsional rumah ini terdiri dari 2 bangunan utama yaitu bagian depan merupakan rumah tinggal sedangkan bagian belakang merupakan rumah kost 2 lantai. Dengan lahan yang relatif luas tim Prima Utama Design tidak menemui keslitan berarti dalam membuat desain denag rumah etnik ini sehingga semua segi ergonomi dari desain ruangan sangat optimal dan menjamin semua bagian ruangan terjamin untuk pasokan aliran udara dan pencahayaan.

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin membuat rumah etnik jawa (joglo) dengan sentuhan minimalis. Jika anda tertarik untuk membuat desain rumah etnik maupun pengerjaan pembangunan rumah-nya di daerah Semarang dan sekitarnya silahkan segera Hubungi Kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: